Minggu, 24 Februari 2013

MANFAAT DAN BAROKAH

Di pondok pesantren mulai awal sampai sekarang masih tetap memakai kajian yang tradisional “sang kiai membaca dan menerangkan ilmu yang dibahas dalam kitab tersebut”.cara seperti ini ternyata membuahkan hasil yang bagus,walau sekarang sudah banyak cara cara yang lain,akan tetapi hasilnya tetap kalah pada kajian yang tradisional.
Apa penyebab dari semua itu?
Banyak faktor yang menyebabkan ketidak suksesan pendidikan,hal ini dalam pesantren biasanya di beri istilah “manfaat dan barokah”.
ilmu,tidaklah berarti tanpa manfaat dan tidaklah sempurna tanpa barokah.
Manfaat dalam bahasa arabnya  :( نفع).naf’un,ialah sesuatu yang berguna yang membawa kebaikan.
Sebagian ulama’ juga ada yang membagi naf’un menjadi tiga.
1.naf’un linafsi,artinya:manfaat pada dirinya sendiri.
2.naf’un lighairi,artinya: manfaat pada orang lain.
3.naf’un linafsi wa lighairi,:artinya: manfaat pada dirinya sendiri dan orang lain.
Naf’un yang nomer tiga inilah manfaat yang paling utama.
Contoh,naf’un linafsi: mughits,mendapat pengajaran dari gurunya,bahwa shalat itu wajib,tata caranya dimulai dengan takhbirotul ikhrom dan di akhiri dengan salam,lalu si mughits melaksanakan shalat sesusai dengan apa yang telah di ajarkan gurunya,berarti ilmunya mughits masuk pada katagori “naf’un linafsi”.
Contoh,naf’un lighairi: si mughits tidak bisa melaksanakan shalat sesuai dengan apa yang diajarkan gurunya,namun dia mengajarkannya pada orang lain,dan orang tersebut bisa melaksanakan sesuai dengan apa yang telah diajarkan mughits,berarti ilmunya mughits masuk pada ilmu “naf’un lighairi”.
Contoh,naf’un linafsi wa lighairi: si mughits setelah mendapat pengajaran dari gurunya,dia bisa melaksanakannya/mengamalkannya sesuai dengan apa yang telah di ajarkan oleh gurunya,dan diapun mengajarkannya kepada orang lain,dan orang yang dia ajari juga bisa mengamalkannya sesuai dengan apa yang telah dia ajarkan,berarti ilmunya mughits masuk kepada ilmu “naf’un linafsi wa lighairi.
Barokah,dalam bahasa arab      (بركة)
Artinya: kenikmatan,
Arti lainnya sama dengan sa’adah,kebahagiaan.
arti secara istilah artinya penambahan kebaikan (زيادة الخير).
Sesuatu yang sedikit tapi bisa mencukupi bahkan bisa lebih dari cukup itu namanya barokah.
Barokah sangatlah sulit didapat,sebagian orang mendapat barokah hanya di sebagian hal.untuk mendapat sebagian itu pun sangatlah sulit,perlu niat dan usaha beserta doa yang sungguh sungguh.
Ada yang mendapat barokah hanya dalam harta,ada yang hanya dalam keluarga ada juga yang hanya dalam ilmunya saja.
Barokah yang masih khilaf adalah barokah dalam umur,ada yang berpendapat yang di namakan umur yang barokah,adalah orang yang lebih banyak melakukan kebaikan semasa hidupnya,walau pun umurnya tidak panjang.
Sebagian lagi berpendapat,bukan hanya lebih banyak terisi kebaikan saja,namun umurnya juga panjang.
Dalam pendapat ke dua ini ada juga yang memberi rambu,sampai bisa melihat anak cucunya dan di rawat oleh mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar